World Cup 2010

World Cup 2010

Rabu, 23 Juni 2010

Kemenengan Dramatis Amerika Serikat

Amerika Serikat akhirnya berhasil melaju ke putaran kedua sebagai juara Grup C setelah memetik kemenangan dramatis 1-0 atas Aljazair dalam laga pamungkas di Loftus Versfeld Stadium, Rabu (23/6) malam.

Sama-sama membutuhkan kemenangan untuk mencapai putaran kedua, baik Aljazair maupun Amerika Serikat memilih untuk bermain terbuka sejak menit awal namun peluang pertama jatuh di kaki Aljazair ketika di menit pertama Karim Matmour melepas tembakan jarak jauh tetapi bola masih melebar di samping gawang Tim Howard.

Peluang emas kembali diperoleh Aljazair lima menit kemudian, kali ini Rafik Djebbour berhasil menerima umpan lambung melewati Jay De Meritt dan melepas tendangan dari dalam kotak penalti namun bola masih membentur tiang gawang Amerika Serikat.

Tak mau tinggal diam, Amerika Serikat pun melancarkan serangan dan semenit kemudian tendangan Herculez Gomez dari depan kotak penalti masih bisa diantisipasi kiper Aljazair, Rais M'Bolhi.

Skuad The Sam's Army kemudian meningkatkan tempo permainan dan hasilnya mereka mampu mencetak gol di menit 21. Berawal dari kemelut di depan gawang Aljazair, Antar Yahia berhasil menyapu bola dari Michael Bradley namun kemudian bola jatuh ke kaki Gomez yang melepas tembakan ke arah gawang.

Upaya Gomez berhasil diblok pemain belakang Aljazair dan bola yang kembali padanya diteruskan ke kotak penalti di mana Clint Dempsey sudah menunggu dan tanpa kesulitan menaklukkan M'Bohli. Sayangnya gol tersebut dianulir karena dianggap offside meski tayang ulang membuktikan keputusan tersebut salah.

Keputusan wasit itu rupanya berdampak pada permainan Amerika Serikat. Agresivitas mereka mulai menurun sementara Aljazair lebih memilih memainkan penguasaan bola serta menurunkan tempo permainan.

Aljazair mencatat satu lagi peluang emas sebelum turun minum ketika Matmour kembali mencoba peruntungannya dengan tembakan jarak jauh, namun kali ini Tim Howard lebih sigap dan bisa menepis bola tendangannya.

Permainan kembali hidup di babak kedua, namun serangan kedua kubu kandas di lini depan akibat buruknya penyelesaian akhir masing-masing. Menit 57 Dempsey berpeluang membawa Amerika Serikat unggul ketika lewat serangan balik cepat ia melepas tendangan melengkung ke tiang jauh, namun bola masih membentur tiang gawang M'Bohli.

Amerika Serikat terus melancarkan tekanan bertubi ke jantung pertahanan Aljazair sementara sang lawan memilih menunggu serta bersiap melancarkan serangan balik, namun kedua tim sama-sama gagal memaksimalkan setiap peluang yang mereka raih.

Memasuki menit-menit akhir intensitas pertandingan semakin meningkat, dan tekanan untuk menang semakin besar untuk kedua tim, namun Amerika Serikat akhirnya berhasil memecah kebuntuan kala pertandingan memasuki injury time.

Lewat serangan balik yang cepat, Jozy Altidore yang menusuk di sisi kanan melepas umpan silang ke kotak penalti. M'Bohli berhasil membendung bola sebelum diraih Dempsey, namun malang bola jatuh di kaki Landon Donovan yang tanpa kesulitan melepas tembakan mendatar dari jarak dekat menembus sudut bawah gawang Aljazair.


Landon Donovan tentukan kemenangan Amerika Serikat di menit akhir (c)AFP

Berusaha membalas di waktu yang tersisa, Aljazair malah harus kehilangan satu pemainnya kala kapten Antar Yahia diganjar kartu kuning kedua akibat protes berlebihan.

Dan ketika wasit meniup peluit panjang tak lama berselang, Aljazair harus rela angkat koper dari Afrika Selatan sementara Amerika Serikat melesat ke puncak klasemen Grup C, membuat Inggris yang di saat bersamaan menaklukkan Slovenia 1-0 harus puas finis di peringkat kedua. (bola/row)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar