World Cup 2010

World Cup 2010

Rabu, 23 Juni 2010

Ozil Jaga Tradisi Jerman

Mesut Ozil sukses menjadi pahlawan Jerman. Gol semata wayang gelandang belia tersebut membawa Jerman menundukkan Ghana dengan skor tipis, 1-0. Kemenangan ini sekaligus membawa Der Panzer lolos ke Babak 16 Besar usai memuncaki Grup D.

Dalam laga tersebut, Jerman yang dituntut meraih kemenangan agar bisa menjaga tradisi lolos dari babak grup Piala Dunia bermain menyerang sejak peluit awal ditiup wasit.

Kuartet Mesut Ozil, Lukas Podolski, Thomas Muller, dan Cacau, mampu menghadirkan ancaman bagi gawang Ghana yang dikawal Richard Kingson.

Walau secara materi masih di bawah Jerman, Ghana tidak mau hanya bertahan dan dijadikan bulan-bulanan Der Panzer. Anak asuh Milovan Rajevac ini memilih bermain terbuka dan meladeni permainan menyerang yang diusung Jerman dengan taktik serupa.

Alhasil, pertandingan baru berjalan beberapa saat, Jerman telah mencetak peluang pertama mereka. Cacau, yang menggantikan peran Miroslav Klose sebagai ujung tombak, mampu lolos di sayap kanan dan melepaskan tembakan keras ke gawang Ghana. Namun, tendangan penyerang berdarah Brazil itu masih tepat mengarah ke pelukan Kingson.

Ghana sendiri memiliki peluang emas di kotak penalti Jerman. Kwado Asamoah berhasil menguasai bola di kotak penalti dan siap memberi assist pada Asamoah Gyan. Namun, peluang ini mampu dipatahkan oleh Bastian Schweinsteiger, yang turun membantu pertahanan timnya.

Di menit ke-25, sebuah adu serangan yang seru terjadi. Ghana, yang menyerang melalui Andre Ayew sukses menusuk pertahanan Jerman. Namun, peluangnya masih mampu dipatahkan barisan belakang Panzer. Melalui sebuah serangan balik, giliran Ozil yang tinggal berhadapan dengan Kingson. Namun, peluang Ozil masih mampu juga dipatahkan Kingson.

Beberapa saat kemudian, melalui sebuah skema serangan balik, Ghana kembali mengancam gawang Jerman. Kali ini, Philipp Lahm harus bekerja keras menghalau sundulan Asamoah Gyan di mulut gawang Panzer.

Di babak kedua, Jerman mendominasi alur serangan. Lima menit pertama, bola terus bergulir di wilayah Ghana. Namun, The Black Stars mampu lolos dari tekanan dan melancarkan serangan balik yang nyaris membuahkan gol. Sayang, tembakan Gyan masih mampu diselamatkan kiper Jerman, Manuel Neuer.

Kala laga menginjak menit ke-60, Jerman akhirnya mampu meraih keunggulan. Sebuah tendangan kaki kiri Ozil dari tepi kotak penalti sukses mengoyak gawang Ghana, tanpa mampu diantisipasi oleh Kingson.


Gol Mesut Ozil di babak kedua (c)AFP

Kebobolan gol Ozil, Ghana tersentak dan meningkatkan intensitas serangan. Serbuan demi serbuan Black Star melalui John Pantsil dan Ayew menerjang barisan belakang Panzer. Namun, barisan belakang Jerman mampu tampil tenang dan mematahkan setiap peluang tadi sekaligus menjaga keunggulan mereka hingga peluit panjang ditiup wasit Carlos Simon. (bola/den)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar