World Cup 2010

World Cup 2010

Kamis, 24 Juni 2010

Review: Akhir Sempurna Oranje


Belanda sukses mempertahankan rekor sempurna mereka di fase grup Piuala Dunia 2010. Dalam laga pamungkas Grup E, tim Oranje, sukses menekuk perlawanan Kamerun dengan skor tipis, 2-1. Gol Belanda dicetak dua penyerang mereka, Robin van Persie dan Klaas-Jan Huntelaar. Sementara gol semata wayang Kamerun dicetak Samuel Eto'o melalui titik penalti.

Dalam laga tersebut, Belanda yang didukung ribuan suporternya, tampil cemerlang sejak laga dimulai. Gelandang Belanda, Rafael van der Vaart mampu melepas tembakan yang memaksa Aurelien Chedjou bekerja keras untuk melakukan aksi penyelamatan.

Nyaris kebobolan, Kamerun tersentak. The Indomitable Lions, yang mencoba mengais poin pertamanya ini, meninggalkan gaya bertahan mereka dan berusaha mengambil alih inisiatif serangan.

Langkah Kamerun ini tak sia-sia. Beberapa saat kemudian, mereka nyaris membobol gawang Belanda. Namun sayang, sundulan Jean Makoun memanfaatkan umpan silang Benoit Assou-Ekotto masih melebar dari sasaran.

Belanda, yang kali ini banyak memanfaatkan serangan balik, dua kali nyaris mencetak gol. Sayang, peluang emas Robin van Persie masih mampu diselamatkan penjaga gawang

Hamidou Souleymanou. Sementara, peluang Dirk Kuyt beberapa saat kemudian masih melebar di sisi kiri gawang.

Akhirnya, di menit ke-36, Belanda sukses menjebol gawang Kamerun. Melaui sebuah kerja sama dengan Rafael van der Vaart, Van Persie sukses melepas tembakan yang mengecoh Souleymanou. Kedudukan 1-0 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Van Persie nyaris menggandakan keunggulan Belanda. Setelah mengecoh dua pemain belakang Kamerun, dia melepas tembakan keras. Namun, Souleymanou masih bisa mengantisipasi tendangan itu dengan baik.

Kamerun sendiri mencoba membalas melalui bintang mereka, Samuel Eto'o. Kapten tim Kamerun ini mampu melewati hadangan tiga pemain belakang Belanda. Namun, tembakan Eto'o masih membentur pemain Belanda dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Beberapa saat kemudian, Kamerun memperoleh tendangan bebas di tepi kotak penalti Belanda. Eksekusi Geremi membentur lengan Van der Vaart. Tak ayal, wasit pun menghadiahkan penalti, yang mampu dieksekusi dengan sempurna oleh Eto'o. Gol, kedudukan imbang 1-1.

Namun, Belanda masih terlalu tangguh bagi Tim Singa Liar. Arjen Robben, yang melakukan debutnya di Piala Dunia saat pertandingan tersisa 17 menit, membuat serangan Belanda lebih tajam.

Puncaknya, pada menit ke-83, menerima umpan terobosan Wesley Sneijder, Robben melepas sebuah tembakan yang membentur tiang gawang Kamerun. Bola muntah dimanfaatkan dengan sempurna oleh Huntelaar untuk memastikan poin penuh bagi Belanda.

Berkat kemenangan ini, Belanda memuncaki klasemen akhir Grup E. Di Babak 16 Besar, Belanda bakal menghadapi runner up Grup F, Slovakia, yang lolos usai mengalahkan Italia dengan skor 3-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar