World Cup 2010

World Cup 2010

Kamis, 24 Juni 2010

Review: Jepang Redam Ledakan Tim Dinamit


Jepang memastikan satu tiket babak 16 besar mereka genggam setelah dengan gagah berani meredam perlawanan Tim Dinamit Denmark dengan skor 3-1 pada laga pamungkas Grup E di Royal Bafokeng Stadium, Jumat (25/6) dini hari.

Jepang sejatinya hanya perlu hasil seri untuk lolos ke babak berikutnya, namun mereka bermain semangat dan mampu memberikan kesulitan pada pemain-pemain Denmark lewat pressure ketat dan permainan passing yang mereka peragakan.

Namun peluang pertama jatuh di kaki Denmark ketika di menit kelima Simon Poulsen melepas umpan silang ke kotak penalti tetapi Jon Dahl Tomasson gagal menyambut bola sehingga berhasil disapu lini belakang Jepang.

Setelah itu giliran permainan taktis Jepang yang membuat mereka tampil membahayakan dan menit 13 kiper Denmark, Thomas Sorensen mampu menggagalkan upaya Daisuke Matsui yang berusaha menyambut umpan crossing Yoshito Okubo.

Beberapa menit kemudian Makoto Hasebe berhasil menusuk ke kotak penalti Denmark, namun sayang tendangannya melayang tipis di sudut gawang Sorensen.

Di menit 17 Jepang mampu memecah kebuntuan setelah tendangan bebas spektakuler Keisuke Honda dari luar kotak penalti menembus tiang jauh gawang Denmark tanpa bisa dijangkau Sorensen.

Tomasson kembali mendapat peluang emas untuk Denmark ketika ia menerima umpan silang Christian Poulsen di dalam kotak penalti, namun tembakannya meleset dan bola pun dibuang kiper Jepang, Eiji Kawashima.

Jepang justru menambah keunggulan mereka di menit 30, lagi-lagi lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti. Kali ini Yasuhito Endo melepas tembakan melengkung menerobos sudut di tiang dekat gawang Sorensen.

Memasuki babak kedua, Sorensen hampir saja melakukan kesalahan ketika ia gagal menangkap bola tendangan bebas Endo dan bola meluncur menerpa sudut atas mistar gawang sebelum memantul keluar.

Permainan selanjutnya diambil alih para pemain Denmark dan mereka melancarkan serangan bertubi ke arah gawang Eiji Kawashima namun mereka gagal menemukan sentuhan akhir yang mematikan demi mengejar ketinggalan.

Peluang terbaik Denmark datang di menit 59 lewat tembakan jarak jauh Jakob Poulsen namun masih bisa diantisipasi Kawashima, serta di menit 79 ketika tendangan keras Soren Larsen menerpa mistar gawang Jepang.

Denmark akhirnya bisa memecah kebuntuan mereka di menit 81. Pelanggaran terhadap Daniel Agger di kotak penalti memaksa wasit menunjuk titik putih. Tomasson sendiri yang maju menjadi algojo, tendangannya bisa diblok Kawashima namun bola yang kembali padanya segera dilesakkan kembali ke sudut gawang.

Gol tersebut melecut semangat Denmark dan mereka semakin giat menyerang, dan akhirnya melupakan pertahanan mereka. Lewat sebuah serangan balik, Honda melakukan penetrasi ke kotak penalti sebelum melepas umpan mendatar melewati bek dan kiper Denmark kepada Shinji Okazaki yang dengan mudah melepas bola ke gawang kosong.

Gol tersebut seketika melumpuhkan spirit Denmark dan hingga peluit panjang ditiup wasit, mereka gagal menyarangkan gol tambahan sehingga harus merelakan tiket 16 besar ke tangan Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar