World Cup 2010

World Cup 2010

Rabu, 23 Juni 2010

Preview Piala Dunia:Inggris vs Slovenia
Kick Off 23 Juni 2010 21:00:00 WIT
Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth

Inggris terkoyak berbagai masalah; kemarahan fans, striker mandul, perpecahan di ruang ganti, dan kesibukan menyelesaikan krisis. Hanya kemenangan atas Slovenia pada laga ketiga Grup C yang menyelamatkan martabatnya di Piala Dunia.

Hanya kurang dua pekan, Inggris -- yang berisi pemain berbakat dan favorit juara Piala Dunia 2010 -- berubah status menjadi pecundang. Slovenia, yang memperagakan sepakbola ortodok, menjadi pemimpin Grup C.

Sejak memisahkan diri dari Yugoslavia tahun 1991, Slovenia baru dua kali tampil di Piala Dunia. Di Piala Dunia 2002 mereka gagal. Kini, mereka cukup menahan Inggris, tanpa atau dengan gol, untuk mencapai babak kedua dan membuat sejarah.

Seperti biasa, Inggris mengatasi persoalannya dengan pernyataan; "Semua pemain bersatu mendukung pelatih." Yang masih masih menjadi rahasia, dan disembunyikan rapat-rapat, adalah seleksi pemain dan kemungkinan mengubah formasi -- dengan tidak lagi taat pada sistem 4-4-2.

Apakah Capello peduli dengan apa yang dipikirkan pemainnya? Tidak ada yang tahu. Yang pasti, pelatih asa Italia itu berjani melakukan perubahan. Ia akan mencoret pemain yang tak bermain bagus, dan menggantinya dengan mereka yang sedang dalam form terbaik dan sedang bersinar di Liga Primer tapi harus berjuang keras memperoleh tempat di tim inti.

Frank Lampard mengatakan; "Kami akan bermain dengan kecepatan dan passion, seperti yang kami lakukan setiap pekan di Liga Primer." John Terry berbicara layaknya masih mengenakan ban kapten, bahwa Inggris masih kompak dan awan hitam yang menggantung akan segera lewat.

Capello masih mendekap kartunya, tapi banyak yang memperkirakan kapten Steven Gerrard akan didorong lebih ke depan untuk membantu Wayne Rooney. Joe Cole akan mengisi lini tengah, dan Emile Heskey duduk di bangku cadangan.

Jamie Carragher, yang menggantikan Ledley King, absen akibat terkena hukuman. Posisinya di jantung pertahanan akan diisi Matthew Upson.

Slovenia datang ke Piala Dunia 2010 sebagai satu dari delapan tim terlemah. Namun siapa lagi yang berani menyebut mereka seperti itu. Bahkan Inggris pun mempertimbangkannya sebagai tim besar yang harus dikalahkan.

Namun Slovenia juga punya masalahnya sendiri. Mereka kehilangan Nejc Pecnik, yang retak engkel saat Slovenia menahan AS 2-2. Defender Marko Suler diragukan akibat robek rusuk kiri saat beradu fisik dengan Jozy Altidore.

Pelatih Matjaz Kek tampaknya masih akan menggunakan formasi 4-4-2, dengan Milivoje Novakovic dan Zlatan Ljubijankic berdampingan di depan. Valter Birsa dan Andraz beroperasi di kedua sayap.

Slovenia
19-11-2009 Slovenia 1 - 0 Rusia
04-03-2010 Slovenia 4 - 1 Qatar
05-06-2010 Slovenia 3 - 1 Selandia Baru
13-06-2010 Aljazair 0 - 1 Slovenia
18-06-2010 Slovenia 2 - 2 Amerika Serikat

Inggris
04-03-2010 Inggris 3 - 1 Mesir
25-05-2010 Inggris 3 - 1 Meksiko
30-05-2010 Jepang 1 - 2 Inggris
13-06-2010 Inggris 1 - 1 Amerika Serikat
19-06-2010 Inggris 0 - 0 Aljazair

Situasi Inggris

Fabio Capello mengatakan dirinya kemungkinan dipaksa mengubah formasi dan komposisi pemain menghadapi laga hidup-mati ini. Rumor menyebutkan, Capello akan memainkan formasi 4-5-1, dengan Joe Cole tampil kali pertama. Heskey dicopot, dan Rooney bermain sendirian di depan. Jamie Carragher terkena hukuman, Upson menggantikan.

Prakiraan Susunan Pemain (4-4-1-1): James; Johnson, Upson, Terry, A Cole; Lennon, Lampard, Barry, J Cole; Gerrard; Rooney.


Situasi Slovania

Pelatih Matjaz Kek masih akan menggunakan komposisi yang sama, seperti ketika bermain 2-2 lawan AS. Ia memperkirakan akan ada pertandingan keras melawan Inggris. Nejc Pecnik absen akibat patah kaki. Marco Suler cedera.

Prakiraan Susunan Pemain (4-4-2): Handanovic; Brecko, Cesar, Mavric, Jokic; Kirm, Radosavljevic, Koren, Birsa; Dedic, Novakovic.


Pemain Layak Diamati

Joe Cole: Setelah laga melawan Aljazair, sungguh tidak ada pemain yang layak diamati. Namun kehadiran Joe Cole mungkin bisa menjadi harapan. Publik Inggris menunggu kehadirannya. Cole diharapkan bisa memenuhi harapan Capello dan pendukungnya.

Valter Birsa: Ia tampil mengesankan di laga pembuka melawan Aljazair. Ia playmaker di daerah berbahaya AS, dan kini mengancam Inggris. Dia pemain yang pasti dikaan Upson dan Terry.


Prediksi

Inggris telah melewati periode terburuknya, dan akan bangkit. Slovenia tertantang melawan tim terbaik yang sedang sakit. Inggris pasti teringat memori Piala Dunia 1986 dan 1990, ketika mereka kesulitan di babak penyisihan grup tapi bisa keluar dari situasi buruk.

Inggris 1-2 Slovenia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar