World Cup 2010

World Cup 2010

Kamis, 24 Juni 2010

Review: Arrivederci Azzurri


Tragis. Italia harus mengubur impian untuk mempertahankan gelar juara dunia mereka. Langkah Azzurri dipastikan harus terhenti di fase grup usai menelan kekalahan dari tim kuda hitam, Slovakia dengan skor 3-2. Yang lebih tragis, Italia harus mengakhiri turnamen ini dengan posisi di dasar klasemen Grup F.

Dalam laga tersebut, Italia yang harus meraih kemenangan, bermain lebih terbuka ketimbang dua laga sebelumnya. Alhasil, skuad asuhan Marcello Lippi ini sukses membuat dua peluang emas di awal babak pertama. Sebuah tendangan jarak jauh Antonio di Natale hanya melambung tipis di atas mistar gawang Slovakia yang dikawal Jan Mucha. Beberapa saat kemudian, sebuah tendangan kaki kiri Vincenzo Iaquinta juga masih gagal menemui sasaran.

Slovakia nampaknya tak gentar dengan nama besar Italia. Terbukti, mereka juga meladeni permainan terbuka sang juara bertahan tersebut dengan permainan menyerang yang dikomando Marek Hamsik.

Di menit ke-25, gawang Italia harus kebobolan. Sebuah kecerobohan Daniele De Rossi membuat bola mampu dicuri oleh Juraj Kucka. Bola kemudian dioper pada Robert Vittek yang langsung melepaskan tembakan mendatar yang keras, tanpa bisa diselamatkan oleh Federico Marchetti.

Unggul satu gol, kepercayaan diri Slovakia meningkat. Bukan hanya mengandalkan serangan balik, anak asuh Vladimir Weiss ini mencoba mengambil alih inisiatif serangan. Alhasil, beberapa saat kemudian, Zdenek Srba mampu memaksa Marchetti untuk melakukan sebuah penyelamatan spektakuler melalui tendangan jarak jauhnya.

Di babak kedua, Italia mampu tampil lebih baik. Di menit ke-55, Azzurri nyaris membobol gawang Slovakia. Sayangnya, tendangan Di Natale, memanfaatkan umpan Christian Maggio masih gagal menemui sasaran.

Semenit kemudian, Lippi memasukkan Andrea Pirlo menggantikan Riccardo Montolivo. Masuknya Pirlo ini, membuat permainan sang juara bertahan makin rancak. Alhasil, beberapa saat kemudian, Di Natale kembali nyaris membobol gawang Jan Mucha.

Italia, nyaris saja menyamakan kedudukan. Sayangnya, tendangan Fabio Quagliarella, masih mampu dihalau Martin Skrtel, sebelum melewati garis gawang.

Asyik menyerang, justru Italia harus kembali kebobolan di menit ke-73. Kali ini, Vittek sukses memanfaatkan umpan silang Hamsik untuk kembali menaklukkan Marchetti.

Sembilan menit kemudian, Italia akhirnya mampu membalas. Sebuah tendangan keras Quagliarella masih mampu ditepis Mucha. Namun, bola liar justru mengarah ke Di Natale, yang melepaskan tendangan ke gawang Slovakia.

Slovakia, mampu menambah pundi gol mereka. Kali ini, Kamil Kopunek yang baru saja masuk lapangan mampu memperdayai Marchetti dan mencetak gol ketiga Slovakia. Sementara, di injury time, Italia mencetak gol hiburan melalui tendangan chip Quagliarella. Sayangnya, gol ini tidak mampu meloloskan sang juara bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar