World Cup 2010

World Cup 2010

Jumat, 25 Juni 2010

Review: Matador Berpesta di Laga Pamungkas

Spanyol akhirnya memastikan diri lolos ke Babak 16 besar. Dalam pertandingan melawan Chile, tim Matador mampu meraih kemenangan 2-1. Dua gol Matador dicetak David Villa dan Andres Iniesta. Sementara, gol balasan Chile dicetak oleh Rodrigo Millar.

Dalam pertandingan tersebut, Spanyol, yang memerlukan kemenangan untuk memastikan posisi mereka di babak 16 Besar, langsung menggebrak pertahanan Chile sejak laga dimulai. Menit ke-3, mereka memiliki peluang pertama melalui Fernando Torres, yang menerima umpan tendangan bebas Xavi. Sayang, Torres tak mampu mengontrol bola dengan baik.

Semenit kemudian, El Nino kembali memperoleh peluang emas. Dia mampu menyambut umpan panjang Joan Capdevila, yang membentur Gonzalo Jara. Sayang, tendangannya masih membentur pemain lawan lainnya dan melambung tinggi.

Chile sendiri sempat juga memiliki peluang emas di menit ke-9. umpan Jean Beausejour mampu diterima dengan baik oleh Mark Gonzales namun, tendangannya masih melenceng jauh dari sasaran.

Beberapa saat kemudian, Chile kembali menekan melalui serangan Marco Estrada dan Alexis Sanchez. Beruntung bagi Spanyol, mereka memiliki penjaga gawang sekelas Iker Casillas, yang mampu mematahkan serangan Chile itu.

Di menit ke-24, Spanyol mampu meraih keunggulan dari Chile berkat sebuah blunder yang dibuat penjaga gawang Chile, Claudio Bravo. Dia maju untuk memotong umpan jauh Xabi Alonso. Malangnya, bola justru mengarah pada David Villa. Tanpa kesulitan, El Guaje melepas tembakan yang membobol gawang Chile yang sudah kosong tersebut.

Beberapa saat kemudian, Gerrard Pique nyaris memperbesar keunggulan bagi Spanyol. Sebuah sundulannya, memanfaatkan umpan tendangan sudut Xavi, nyaris membobol gawang Bravo.

Menit ke-36, Spanyol sukses menggandakan keunggulan mereka. David Villa, yang beroperasi di sayap kanan pertahanan Chile mampu memberikan sebuah umpan matang pada Andres Iniesta. Tanpa pikir panjang, Iniesta, yang berdiri di tepi kotak penalti, melepas sebuah tembakan keras yang bersarang di sudut kiri bawah gawang Bravo.

Di babak kedua, pelatih Chile, Marcelo Bielsa memasukkan penyerang Esteban Paredes dan gelandang Rodrigo Millar. Usaha Bielsa ini membuahkan hasil. Millar sukses mencetak gol dua menit setelah babak kedua dimulai.

Millar yang tak terjaga di tepi kotak penalti Spanyol melepas sebuah tendangan kaki kanan yang keras. Bola membentur kaki Pique dan membuat Casillas salah langkah sebelum menggetarkan jala gawang Spanyol.

Kebobolan, kubu Spanyol melakukan pergantian. Fernando Torres, yang tidak berada dalam kondisi terbaiknya ditarik keluar. Pemain Liverpool itu digantikan oleh gelandang Arsenal, Cesc Fabregas.

Masuknya Fabregas membawa angin segar bagi Spanyol. Mereka mampu mendominasi lini tengah dan menciptakan beberapa peluang. Namun, hingga pertandingan berakhir, kedudukan tetap 2-1 bagi keunggulan Spanyol.

Berkat hasil ini, Spanyol memuncaki Grup H. Di babak 16 Besar, La Furia Roja bakal ditantang oleh runner up Grup G, Portugal. Sementara, Chile, yang berada di posisi runner up Grup H, harus menghadapi jawara Grup G, Brazil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar